Pendarahan Setelah Operasi Gigi atau Mulut


https://www.blog.klinikdoktergigi.web.idPada sebagian besar kasus, gigi geraham yang impaksi harus diambil. Pengambilannya biasanya tidak seperti pencabutan biasa, tetapi merupakan minor surgery atau operasi kecil. Dalam bahasa kedokteran tindakan ini disebut odontektomi.

Seperti pada pencabutan biasa, operasi gigi juga mengakibatkan perdarahan. Jadi pasien tidak perlu kaget bila selama beberapa jam pertama masih terasa ada rembesan darah yang keluar.


Yang paling penting adalah menjaga agar bekuan darah yang sudah terbentuk tidak rusak lagi sehingga darah keluar lagi. Setiap gerakan di dalam mulut yang berupa menghisap atau menyedot dapat merusak bekuan darah dan bisa jadi darah yang keluar makin bertambah banyak.

 
BACA JUGA:  Kegagalan dan Perubahan Jumlah Perkembangan Gigi

Ada beberapa hal yang tidak boleh di lakukan setelah operasi gigi dan mulut, yaitu:

a. Merokok

Tahan diri untuk tidak merokok minimal 1×24 jam setelah pencabutan.

b. Terlalu banyak meludah.

Pasien terkadang risih karena terasa banyak darah di dalam mulut dan biasanya ingin diludahkan. Darah yang keluar sebaiknya di telan saja.

c. Minum dengan sedotan.

d. Berkumur terlalu keras.

Berkumur saat sikat gigi atau berwudhu tetap dapat dilakukan namun tidak perlu terlalu keras.

BACA JUGA:  Tumor Dermal Lipoma

e. Bila perdarahan masih keluar lebih dari 24 jam setelah pencabutan, sebaiknya segera temui dokter.

Tindakan yang sebaiknya dilakukan setelah operasi:

1. Usahakan segera pulang ke rumah dan sebisa mungkin jangan banyak beraktifitas. Upayakan mendapat izin dari kantor atau sekolah pada hari operasi. Tentunya lebih leluasa untuk mengompres pipi bila anda berada di rumah.

2. Sebisa mungkin pilih makanan yang lunak selama 1-2 hari pertama, dan untuk sementara kunyah satu sisi saja, yaitu disisi yang tidak dicabut.

BACA JUGA:  Varicella atau Cacar Air

3. Dianjurkan untuk memilih minuman dingin, dan hindari makanan dan minuman panas dan pedas pada 24 jam pertama pasca operasi.

4. Bila pipi masih bengkak beberapa hari setelah operasi, coba perlahan-lahan pijat daerah pipi atau buka tutup mulut dengan gerakan perlahan agar otot di daerah tersebut lebih rileks.