Menggunakan Sedotan Saat Minum Mampu Melindungi Gigi Dari Kerusakan


Informasi ini mungkin terlihat sederhana bagi Anda namun manfaatnya sangat besar untSuk Anda apalagi untuk kesehatan gigi dan mulut Anda sendiri. Makanan dan minuman tentunya tidak saja berpengaruh untuk tubuh kita namun juga berdampak pada gigi kita.

Berbagai jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi tiap harinya memberikan efek pada gigi.


Minuman dan makanan yang berwarna, bersifat asam, serta mengandung kadar gula yang yang tinggi semuanya memberikan efek merusak pada gigi apalagi jika dalam mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak atau dengan cara yang salah. Salah satu kerusakan besar yang ditimbulkan adalah terjadinya erosi pada permukaan gigi.

 
BACA JUGA:  Sebenarnya Apa Warna Gigi Kita?

Namun Anda juga harus mengetahui apakah erosi gigi tersebut? Apakah Anda mengetahuinya? Erosi adalah suatu kerusakan pada permukaan gigi yang disebabkan oleh proses kimia tanpa melibatkan aktivitas bakteri.

Hilangnya email gigi akibat erosi ini akan menimbulkan kondisi gigi sensitif, dengan gejala rasa ngilu yang tajam sesaat. Itulah sebabnya banyak orang yang memiliki gigi sensitif karena terjadi erosi gigi yang buruk.

Anda harus aktif mencegah terjadinya erosi gigi, apalagi yang disebabkan oleh makanan dan minuman yang bersifat asam. Selain itu sangatlah penting untuk mengontrol pola makan Anda sehari-hari.

BACA JUGA:  Bahaya Gigi Berlubang

Sebaiknya Anda menghindari makanan dan minuman yang bersifat asam, namun jika Anda harus makan dan minum yang bersifat asam tinggi seperti soda, yoghurt, jus jeruk atau jus buah lainnya yang asam, Anda disarankan untuk menggunakan sedotan.

Mengapa mesti menggunakan sedotan? Sebab dapat meminimalisir paparan minuman tersebut pada permukaan gigi, sehingga kontaknya antara gigi dan cairan asam tersebut tidak terjadi (atau hanya sedikit dan sebentar).

Bagaimana jika Anda memang memiliki gigi sensitive? Maka sebaiknya anda menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitive. Pilihlah yang mengandung bahan khusus HAP mineral dan Potassium Citrate yang dapat membantu mengurangi rasa ngilu dalam 30 detik.

BACA JUGA:  Mencegah Lesi Putih Jaringan Lunak Pada Anak

Membantu mencegah resiko terjadinya gigi sensitif di kemudian hari, pastikan pasta gigi Anda juga memiliki kandungan Zinc Citrate yang mampu menjaga kesehatan gusi. Namun, bila kondisi ngilu masih berlanjut sebaiknya Anda segera berkonsultasi kepada dokter gigi. Sekian informasi kami semoga bermanfaat.