Veruka vulgaris


https://www.blog.klinikdoktergigi.web.idVeruka vulgaris adalah suatu pertumbuhan kulit umum yang jarang terjadi intraoral. Penyebabnya adalah virus papilloma.

Perubahan-perubahan seluler akibat virus mengakibatkan temuan klinis yang khas. Secara khas permukaan lesi adalah kasar dan menimbul dengan tonjolan-tonjolan seperti jari-jari putih.


Putihnya veruka intraoral bervariasi tergantung pada banyaknya keratinisasi permukaan. Daerah-daerah merah muda adalah biasa pada dasar lesi.

 

Veruka umumnya terjadi dikulit, tepi vermilion, mukosa bibir dan pipi, lidah dan gusi cekat. Dasar lesi lebar, tetapi ukuran biasanya kurang dari 1 cm.

BACA JUGA:  Lidah Membesar Secara Abnormal

Secara klinis veruka dapat tampak sama dengan papiloma, meskipun celahnya lebih dangkal dan massanya tumbuh tanpa tangkai. “inclusion body” dari virus sering kali tampak secara histologist.

Penderita veruka kulit kiranya lebih cenderung mempunyai lesi-lesi oral sebagai akibat dari otoinokulasi. Kadang-kadang suatu lesi dapat menghilang dengan spontan. Jika tidak, maka perawatannya adalah eksisi tuntas atau ablasi dengan laser karbon dioksida.