White Sponge Nevus


https://www.blog.klinikdoktergigi.web.idFamilial White Folded Dysplasia.

White sponge nevus adalah kelainan yang relatif tidak umum, yang biasanya dijumpai pada waktu lahir atau pada anak kecil, tetapi menetap seumur hidup.


Ditandai oleh lesi-lesi mukosa yang tanpa gejala, putih, berkerut dan seperti busa. Seringkali lesinya memperlihatkan pola gelombang yang simetris.

 

Lokasi yang paling umum adalah di mukosa pipi, bilateral dan selanjutnya di mukosa bibir, linggir alveolar dan dasar mulut. Keadaan ini dapat mengenai seluruh mukosa mulut atau didistribusikan secara unilateral sebagai bercak-bercak putih tertentu.

BACA JUGA:  Mengatasi Gigi Goyang Akibat Benturan

Tepi gusi dan dorsal lidah hampir tidak pernah terkena, meskipun palatum lunak dan ventral lidah umum terlibat. Ukuran lesinya bervariasi dari satu pasien ke pasien lain dan dari waktu ke waktu.

White sponge nevus tidak menunjukkanpredileksi ras, jenis kelamin; tetapi karena pola transmisi dominan autosomal dari keadaan ini, maka banyak anggota keluarga dapat menderita kelainan tersebut.

Daerah-daerah mukosa ekstraoral yang dapat terlibat adalah rongga hidung, esofagus, larings, vagina rektum. Lesi-lesi kulit yang timbul bersamanya bisa memastikan diagnosisnya.

BACA JUGA:  Mekanisme Kerja Obat-obatan yang Sering Digunakan Dalam Bidang Kedokteran Gigi

Penyebab dihubungkan dengan cacat pada kematangan epitel dan eksfoliasi. Tidak ada perawatan yang diperlukan dan lesi tersebut sama sekali tidak berbahaya.