7 Macam Dokter Gigi Spesialis


1. Spesialis anak/pedodontis (Gelar: Sp. KGA)
Dokter gigi ini mempunyai keahlian khusus untuk menangani pasien anak-anak. Mulai dari pertumbuhan dan perkembangan giginya sampai psikologis anak dalam hal ini apabila sang anak mempunyai masalah rasa takut terhadap dokter gigi ataupun apabila sang anak sangat sulit untuk dilakukan perawatan oleh dokter gigi umum. Anak-anak dengan keterbatasan (cacat) juga dapat dirawat oleh dokter gigi ini.

2. Spesialis konservasi gigi (Gelar: Sp. KG)
Konservasi maksudnya adalah sebisa mungkin mempertahankan dan mengembalikan fungsi normal gigi. Perawatan yang dilakukan dokter gigi ini adalah penambalan, perawatan saluran akar/endodontik (gigi yang sakit berdenyut ataupun berlubang besar), dan estetik (pemutihan dan memperbaiki bentuk gigi).


BACA JUGA:  Mengatasi Rasa Takut Dalam Mengunjungi Dokter Gigi

3. Spesialis gigi tiruan/prostodontis (Gelar: Sp. Pros)
Dokter gigi ini mempunyai keahlian untuk membuat berbagai jenis gigi tiruan, mulai dari yang lepasan maupun gigi tiruan cekat. Berbeda dengan tukang gigi yang mungkin Anda jumpai di jalan-jalan, dokter gigi ini juga mempertimbangkan agar gigi tiruan tersebut dapat diterima secara biologis oleh mulut sehingga aspek kesehatan mulut tetap terjaga.

 

4. Spesialis penyakit mulut (Gelar: Sp. PM)
Untuk kasus-kasus penyakit mulut yang tidak biasa, seperti sariawan yang tidak kunjung sembuh, berbagai luka maupun kelainan di mukosa mulut, biasanya ditangani oleh dokter gigi ini mulai dari diagnosis sampai perawatannya. Terkadang dokter gigi ini bekerja sama dengan spesialis bedah mulut apabila diperlukan tindakan pembedahan.
5. Spesialis bedah mulut (Gelar: Sp. BM)
Ahli bedah mulut melakukan berbagai perawatan bedah seperti membuang kista, tumor, ataupun pencabutan gigi yang sulit. Mereka juga memperbaiki patah ataupun retak tulang rahang, maupun masalah sendi rahang yang memerlukan tindakan bedah. Selain itu, ahli bedah mulut juga melakukan tindakan seperti bedah plastik untuk memperbaiki wajah, misalnya pada kasus bibir sumbing.
6. Spesialis kawat gigi/ortodontis (Gelar: Sp. Ort)
Perawatan yang dilakukan untuk mendapatkan susunan gigi yang rapi dan teratur dilakukan oleh ortodontis. Namun, untuk kasus yang sederhana masih bisa dilakukan oleh dokter gigi umum.

BACA JUGA:  Gosok Gigi Secara Teratur, Hindari Resiko Penyakit Jantung

7. Spesialis periodonsia (Gelar: Sp. Perio)
Dokter gigi ini menangani kasus-kasus yang berhubungan dengan jaringan pendukung gigi diantaranya gusi, dan jaringan pendukung gigi lainnya yang lebih dalam. Perawatan yang dilakukannya mulai dari skeling membersihkan karang gigi, sampai bedah periodontal.