Kebiasaan yang Tidak disadari Ternayata Merusak Gigi


Kebiasaan yang Tidak disadari Ternayata Merusak GigiMenjaga dan merawat kesehatan gigi merupakan hal yang sangat penting dan tentunya harus menjadi prioritas utama dalam keseharian Anda. Sebab gigi dan mulut sangat berperan penting selain itu mempengaruhi seluruh kesehatan tubuh Anda. Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang dan itu dilakukan tanpa disadari dan ternyata cukup berbahaya dan dapat merusak gigi.

Gigi tentunya tidak hanya dijaga dan dirawat melalui perawatan namun anda juga sebaiknya memberikan perhatian terhadap gigi dengan cara menghindari kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi Anda. Dibawah ini blog.klinikdoktergigi.web.id memberikan beberapa kebiasaan buruk yang tidak sadari dan ternyata memberikan dampak buruk untuk kesehatan gigi.


Merokok
Mungkin Anda sudah tahu jika rokok tidak hanya memberikan dampak buruk buat kesehatan namun apakah Anda tahu jika tembakau yang ada di dalam rokok sangatlah memberikan efek buruk pada gigi. Sebab dapat membuat mulut terasa kering dan mengakibatkan mudahnya menghadirkan plak pada gigi. Sehingga jika Anda mempunyai kebiasaan merokok yang buruk maka sebaiknya tinggalkan demi kesehatan gigi anda utamanya buat kesehatan tubuh Anda.

 
BACA JUGA:  Pulpa Itu Apa Sich?

Mengunyah Es Batu
Apakah Anda salah satu  orang yang suka mengunyah es batu? Karena tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan mengunyah es batu. Mungkin terdengar biasa namun kebiasaan ini tidak secepatnya dihentikan maka hal tersebut dapat menimbulkan lubang kecil pada gigi anda yang nantinya akan membesar dan berbahaya bagi kesehatan gigi.

Tindik Lidah
Sekarang ini banyak orang yang mentindik lidahnya apalagi dikalangan wanita dan itu merupakan fashion terbaru untuk sebagian orang. Tentunya banyak orang tidak ingin ketinggalan mode terbaru begitu juga mungkin dengan Anda namun saran blog.klinikdoktergigi.web.id disini jangan hanya memperhatikan fashion saja Anda haruslah lebih mementingkan kesehatan gigi Anda. Memakai tindik dapat membuat gigi retak sebab tindik Anda akan mudah bergesekan dengan gigi.

Obat Batuk Cair
Saat mengalami batuk Anda mungkin saja mengonsumsi obat batuk cair. Namun Anda harus lah berhati-hati sebab dengan menggunakan obat tersebut akan merusak gigi dengan kandungan gula yang sangat tinggi. Oleh sebab itu carilah obat dengan alternative lain.

BACA JUGA:  Hiperplasia Gusi Akibat Obat

Permen Gummy
Dapat dikatakan jika segala jenis permen dapat merusak dan berbahaya buat kesehatan gigi. Namun disini hanya akan membahas permen gummy tentunya Anda sudah tahu dan kenal dengan permen yang satu ini. Sifatnya yang lengket, membuat Sisa-sisanya dapat saja melengket pada gigi dan menghasilkan bakteri. Oleh karena itu jika ingin memakannya sebaiknya langsung sikat gigi Anda dengan baik.

Minum Soda
Apa pun mereknya, yang namanya minuman yang bersoda cukup berbahaya untuk gigi Anda. Sebab soda memiliki kandungan asam dan gula yang tinggi yang dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang buruk terhadap gigi anda. Terlalu sering meminum soda pada dasarnya akan “membasahi”gigi anda dengan gula dan dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Kurangi frekuensi minum soda dan pilihnya yang lebih sehat sebagai pereda haus yaitu air. Juga dengan meminimalkan erosi pada email gigi dengan cara mencucui mulut dengan air putih setelah meminum air yang mengandung asam atau soda. Cobalah meminum soda melalui selang sedotan untuk menghindari kontak langsung dengan gigi. Tunggu minimal 30 menit sebelum menggosok gigi untuk menghindari kerusakan pada gigi.

BACA JUGA:  Gejala dan Pengobatan Angular Cheilitis

Membuka Barang Menggunakan Gigi Anda
Banyak orang dengan tanpa sadar menggunakan giginya untuk membuka barang yang keras dengan menggunakan gigi dan ini cukup berbahaya buat gigi dan sebaiknya harus dihindari. Sebab dengan banyaknya anda menggunakan gigi untuk membuka barang maka bakteri akan mudah masuk. Selain itu gigi anda akan mendapatkan tekanan yang besar jika barang yang anda buka keras.

Terima kasih telah membaca artikel seputar kebiasaan yang tidak disadari ternayata merusak gigi. Semoga dengan informasi diatas Anda sudah dapat mengetahui hal-hal yang dapat merusak gigi.