Pembesaran Jaringan Lunak Pada Anak


https://www.blog.klinikdoktergigi.web.idPembesaran jaringan lunak merupakan salah satu tanda alergi terhadap Yodium. Pembengkakan itu biasanya terjadi dimulut, bibir, lidah, dan tenggorokan.

Selain itu, alergi terhadap Yodium juga menyebabkan timbulnya ruam, gatal, kulit melepuh atau membengkak, perdarahan, demam, nyeri sendi, dan gejala alergi lainnya.


Yodium adalah mineral non logam yang diperlukan untuk metabolisme sel-sel. Yodium banyak terdapat dalam makanan laut seperti kerang.

 

Tubuh menggunakan yodium untuk menghasilkan hormone, misalnya hormone tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid. Namun beberapa orang memiliki alergi terhadap yodium. Biasanya mereka yang alergi terhadap yodium juga mengalami alergi terhadap makanan laut.

BACA JUGA:  Gejala dan Pengobatan Sendi Temporomandibuler

Seseorang yang mengalami alergi terhadap yodium kemungkinan besar akan mengalami masalah dengan tiroid karena tubuhnya tidak dapat menerima yodium yang diperlukan untuk memproduksi hormone-hormon yang dibutuhkan. Kekurangan hormone-hormon tersebut dapat menyebabkan masalah konstipasi, kelemahan, obesitas, dan gangguan mental.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi alergi yodium:

1. Obati reaksi kulit dengan antihistamin atau obat kortikosteroid oral maupun topical. Antihistamin dapat dibeli di toko obat atau apotek terdekat, sedangkan kortikosteroid harus menggunakan resep dokter.

BACA JUGA:  Kondiloma Akuminatum

2. Bila reaksi alergi menimbulkan batuk, gunakan bronchodilator untuk melegakan saluran pernapasan.