Keuntungan Perawatan Veneer


Perawatan alternatif selain bleaching adalah veneer. Veneer merupakan suatu lapisan tipis bahan tambal yang menutupi permukaan bagian luar gigi sehingga gigi Anda yang mengalami perubahan warna tidak akan terlihat. Bahan tambal yang digunakan dapat berupa resin komposit ataupun perselen. Biasanya veneer yang menggunakan bahan porselen biayanya lebih mahal daripada komposit, namun warnanya putihnya lebih tahan lama dan relatif lebih kuat.
Sebelum veneer dipasang, biasanya permukaan luar gigi Anda akan dikurangi sedikit dengan menggunakan bor. Bagian yang dikurangi biasanya hanya pada bagian luar gigi saja yang dapat terlihat orang dari depan. Tujuannya adalah untuk menyediakan tempat bagi selapis tipis bahan tambal yang akan digunakan, dan bagi bahan resin komposit hal ini dilakukan agar bahan tambal dapat melekat ke permukaan gigi dengan kuat.
Keuntungan perawatan veneer ini adalah Anda bisa memilih sendiri warna gigi yang diinginkan sampai ke warna gigi yang paling putih. Namun, biasanya dokter gigi tidak menyarankan warna gigi yang sangat putih karena gigi Anda malah akan terlihat palsu. Tentunya dokter gigi Anda akan membantu Anda memilih warna gigi yang cocok untuk Anda.
Selain untuk membuat gigi tampak putih, veneer juga dapat dipakai untuk memperbaiki bentuk gigi. Misalnya apabila gigi Anda bentuknya terlalu kecil, ataupun tidak simetris antara gigi di sisi kanan dengan yang di sisi kiri.

BACA JUGA:  Kebiasaan yang Merusak Gigi