Mengenal Kista Erupsi Gingiva dan Limfangioma Bawaan


https://www.blog.klinikdoktergigi.web.idHematoma Erupsi

Kista erupsi adalah varian jaringan lunak dari kista dentigerous yang terbentuk di sekitar mahkota gigi yang sedang bererupsi. Biasanya berhubungan dengan gigi sulung dan tampak sebagai suatu pembengkakan kecil, berbentuk kubah, kebiru-biruan, berfluktuasi.


Kista tersebut dibatasi oleh epitel odontogenik dan berisi darah atau serum. Biasanya tidak perlu perawatan, karena gigi yang sedang bererupsi akhirnya akan memecah membrane kista.

 

Peredaan secara simtomatis dapat diperoleh dengan menginsisi lesi dan membiarkan cairannya mengalir.

BACA JUGA:  Serangan dan Infeksi Virus Herpes Simpleks

Limfangioma bawaan.

Limfangioma bawaan adalah neoplasma jinak dari saluran limfatik yang dilatasi, kadang-kadang terjadi dalam mulut bayi. Lokasi umumnya adalah lidah, mukosa bibir dan lingir alveolar.

Tidak terbukti adanya predileksi seksual. Lesinya secara khas membentuk suatu pembengkakan tanpa gejala, dapat ditekan, dan negative pada diaskopi.

Jika superficial, maka pembengkakan terdiri atas papulonodula tunggal atau multipel terpisah-pisah yang berwarna merah muda sampai biru tua.

Tumor-tumor yang terletak dalam, membentuk pembengkakan difus tanpa perubahan warna dari jaringan diatasnya. Limfangioma besar pada leher, disebut higroma kistik. Eksisi bedah adalah perawatan pilihan untuk limfangioma intraoral.