Melanoplakia pada Mukosa Mulut


https://www.blog.klinikdoktergigi.web.idMelanoplakia adalah suatu pigmentasi gelap yang menyeluruh dan konstan pada mukosa mulut, umumnya dijumpai pada orang-orang berkulit gelap (melanoderm).

Keadaan tersebut adalah fisiologis, bukan patologis dan akibat dari bertambahnya melanin, suatu pigmen endogen yang terletak dalam lapisan basal dari mukosa dan lamina propria.


Daerah yang paling umum untuk mengamati melanoplakia adalah gusi cekat. Seringkali tampak sebagai pita yang difus, gelap dengan batas jelas dan tepi lengkung yang memisahkannya dari mukosa alveolar.

 

Secara khas daerah tersebut simetris dan tanpa gejala. Tingkat pigmentasi bervariasi dari coklat muda sampai coklat tua dan kadang tampak biru-hitam.

BACA JUGA:  Bahan Gigi Tiruan dan Halitosis

Daerah-daerah lain yang dapat terkena adalah mukosa pipi, palatum keras, bibir, dan lidah. Pada daerah-daerah ini deposisi pigmen seringkali di banyak tempat dan difus.

Melanoplakia harus dibedakan dari keadaan-keadaan yang membuat pigmentasi oral seperti penyakit Addison, sindrom Albright, sindrom Peutz-Jeghers, pigmentasi logam-logam berat, dan penelanan obat anti-malaria.