Varikositas atau Varix pada Lansia


https://www.blog.klinikdoktergigi.web.idVarikositas (Varix).

Varix adalah suatu pembengkakan berfluktuasi yang berwarna merah-ungu dan seringkali dijumpai pada orang lanjut usia.


Pembengkakan tersebut menunjukkan suatu dilatasi vena yang disebabkan oleh berkurangnya elastisitas dinding pembuluh darah sebagai akibat dari menua atau oleh suatu rintangan internal pada venanya.

 

Permukaan ventral dari dua pertiga anterior lidah adalah lokasi yang sering. Bibir dan sudut mulut adalah daerah-daerah umum yang lain.

Varises bibir tampak merah tua sampai biru ungu. Umumnya adalah tunggal, bulat , berbentuk kubah dan berfluktuasi. Palpasi dari lesi akan menyebarkan darah dari pembuluhnya dan meratakan permukaannya; karenanya lesi-lesi tersebut adalah positif pada diaskopi.

BACA JUGA:  Dua Bentuk Ukuran Gigi

Varises adalah jinak dan tanpa gejala, serta tidak memerlukan perawatan. Jika varises tersebut memprihatinkan secara kosmetis, maka dapat dibuang secara bedah tanpa perdarahan yang mencolok. Kadang-kadang varises sedikit keras karena perubahan-perubahan fibrotik. Trombosis merupakan komplikasi yang jarang. Jika banyak vena yang menonjol pada ventral lidah, maka keadaan itu disebut plebektasia lingual atau “caviar tongue.”